English Dutch French Arabic Korean Japanese Chinese

Jumat, 12 Oktober 2012

Warga Jabar Kumpulkan Sejuta Tandatangan Dukung KPK

BANDUNG - Berawal dari kegaduhan Korupsi, Paguyuban Musuh Koruptor (Pamor) menginisiasi untuk mengumpulkan sejuta tanda tangan dukungan masyarakat Jawa Barat untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berangkat dari Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Bandung, kain putih itu akan melanglangbuana ke kota-kota yang ada di Jawa Barat seperti Garut, Tasikmalaya, Cianjur, Purwakarta, dan daerah lainnya.

Kain putih mencapai panjang 100 meter itu akan mengumpulkan tandatangan dari berbagai elemen.

"Bisa Mahasiswa, PNS, LSM, Pejabat, Tokoh, dan masih banyak lainya yang menandatangani," kata Inisiator Pamor, Dindin S Maolani seusai menandatangani 'kain anti korupsi' di GIM, Bandung, Kamis (11/10).

Dia menjelaskan pengumpulan tandatangan di Bandung akan dilanjutkan ke kota-kota lainya dan ditargetkan selesai selama satu minggu. Setelah itu Inisiator akan mendatangani gedung KPK dan membalut pagar gedung KPK dengan tandatangan dukungan Warga Jawa Barat.

"Nanti kain putih ini akan melingkari sisi-sisi gedung KPK dengan sejuta tandatangan," ujarnya.

Pengumpulan tandatangan masyarakat di Jawa Barat sendiri, kata Dindin, dilatarbelakangi atas upaya-upaya yang berkepentingan ingin melemahkan KPK sebagai lembaga antikorupsi tersebut.

Dia menilai eksistensi KPK menyisakan harapan baru ditengah kegeraman masyarakat terhadap institusi hukum lainnya. "Ini adalah bentuk perlawanan terhadap pembusukan oknum polisi yang korup. Kita lawan Ini bahaya," terangnya.

"Jaman Orba itu kekuatan yang hendak mengkebiri itu dari luar, tapi sekarang. Era reformasi justru dari dalamnya sendiri yang korup, ini bahaya, makannya kita dukung KPK," ungkapnya.

Dia berjanji, dengan gerakan sejuta tandatangan ini, pihaknya akan terus mendukung dan mengawasi kinerja KPK dalam melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi. Selain itu pihaknya juga akan melakukan gerakan antikorupsi dengan aksi nyata seperti advokasi, edukasi, dan sosialisasi.

Secara simbol kain putih yang bertuliskan 'Gerakan Sejuta Tandatangan Warga Jawa Barat Mendukung Antikorupsi' dibubuhkan pertama kali oleh Tokoh Jawa Barat Tjetje Hidayat Padmadinata. Selanjutnya masyarakat pun ikut menggoreskan tinta di kain tersebut. (moc)
Bagikan :

Baca Juga:

Indeks Berita


Nasional


Wisata

Opini

Sosok

 
Bandung Raya Online Copyright © 2012 Allright Reserve - Pengelola: Bandung Media Citra (BMC).