English Dutch French Arabic Korean Japanese Chinese

Jumat, 12 Oktober 2012

Desa Melatiwangi Dapat Bantuan Pemprov 1 Miliar

SOREANG - Di tahun 2012 ini, Pemprov Jawa Barat telah menetapkan Desa Melatiwangi, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung untuk memperoleh bantuan senilai Rp1 miliar dalam Program Desa Mandiri Menuju Desa Peradaban.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Bandung, Deden Rukman Rumaji, disela-sela Launching Pelaksanaan Desa Mandiri Dalam Perwujudan Desa Peradaban yang berlangsung di Desa Melatiwangi, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Kamis (11/10/12).

Hadir pula Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Bandung,Yudhi Haryanto, Kepala Bagian Otonomi Daerah Setda Kab.Bandung, Popi Hopipah,Kepala Bagian Humas Setda Kab.Bandung, Achmad Kosasih, Camat Cilengkrang, Wawan A. Ridwan, seluruh kepala desa, unsur Muspika serta puluhan tokoh masyarakat di wilayah Cilengkrang.

Menurut Kepala Desa Melatiwangi, Dudung, kucuran dana pemprov tersebut dipergunakan untuk berbagai kegiatan pembangunan fisik di wilayahnya.

“Kegiatan yang telah kami lakukan diantaranya adalah, perbaikan jalan, demplot sapi, serta membangun sarana air bersih untuk menghasilkan air bersih 10.000 m3 per bulan yang pengelolaannya dilakukan oleh Bumdes Melatiwangi,” kata Dudung.

Kegiatan perbaikan insfrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakatyang telah dilakukan di desa melatiwangi ternyata mendapatkan apresiasi yang cukup tinggi dari Wakil Bupati Bandung Deden Rukman Rumaji.

“Saya berharap semua kegiatan ini bisa meningkatkan pula Indeks Pembangunan Manusia (IPM) desa Melatiwangi,” kata Deden Rumaji.

Deden menilai program tersebut dapat dijadikan media yang efektif untuk memperkuat solidaritas antara pemerintah daerah dan desa.

“Mudah-mudahan melalui program ini tercipta kesamaan pemahaman, komitmen yang tinggi dan kebersamaan dalam membangun Kabupaten Bandung," kata Deden.

Dalam kesempatan itu Deden menjelaskan bahwa desa memiliki potensi terdepan dalam struktur pemerintahan dan memiliki basis yang kuat dalam rangka otonomi maupun pembangunan.

Esensial dari program tersebut, adalah ingin mendorong desa menjadi lebih berkembang, maju serta mandiri dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

“Program ini sedikitnya memberikan harapan masa depan pada kita, karena bisa mendorong setiap desa untuk memiliki infrastruktur memadai serta meningkatkan perekonomian yang berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya. (pro)
Bagikan :

Baca Juga:

Indeks Berita


Nasional


Wisata

Opini

Sosok

 
Bandung Raya Online Copyright © 2012 Allright Reserve - Pengelola: Bandung Media Citra (BMC).