English Dutch French Arabic Korean Japanese Chinese

Jumat, 12 Oktober 2012

Deddy Mizwar Siap Terjun ke Politik

JAKARTA - Lagi dari kalangan selebriti yang meramaikan bursa bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2013.

Aktor senior Deddy Mizwar (57) menyatakan kesiapan untuk maju di pemilukada Jabar. Saat ditemui di sela-sela aksi dukungannya pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama sejumlah aktor kawakan di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (9/10), Deddy membenarkan perihal pencalonannya tersebut. Namun, jalan menuju kursi wakil gubernur masih cukup panjang.

“Alam dan sumber daya manusia di Jawa Barat itu sangat potensial,” kata Deddy yang siang kemarin datang ke KPK bersama-sama Slamet Rahardjo Djarot, Djaduk Ferianto, Ahmad Sobary, hingga aktris Olivia Zalianty.

Deddy siap maju dalam pencalonan itu usai digandeng Partai Keadilan Sosial (PKS) dan berpasangan dengan Ahmad Heryawan yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Jabar.

Pemeran Nagabonar di film Nagabonar ini mengatakan, dirinya siap memimpin jika memang menjadi pilihan rakyat Jabar. “Insya Allah saya siap,” kata mantan Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional, itu.

Selain Deddy, ada nama Primus Yustisio (35), yang sekarang menjadi anggota DPR dan diunggulkan menempati posisi sepertinya. “Bisa jadi Primus (yang akan maju dalam pemilukada) karena sudah punya pengalaman di bidang politik,” kata Deddy.

Deddy menilai, suami Jihan Fahira tersebut lebih layak jadi pejabat di Jabar daripada dirinya. “Dia (Primus) jauh lebih baik dan punya banyak pengalaman berpolitik daripada saya,” ujar pria kelahiran Jakarta, 5 Maret 1955, ini.

Primus memang dipastikan maju ke pemilukada Jabar dengan dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) seperti disampaikan Ketua DPP PAN Arya Bima Sugiarto beberapa waktu lalu.

Bagi Deddy, sejak dulu tidak ada keinginan kuat untuk menjadi pejabat di negeri ini. Bukannya tidak tertarik, Deddy menyatakan bahwa dunianya bukan di politik, tetapi seni dan budaya. Apalagi saat ini usianya sudah tidak muda lagi. “Saya kan sudah tua. Lebih bagus cari calon yang muda saja. Itu pilihan yang bagus,” ujar Deddy.

Nama yang populer sebagai selebriti, kata Deddy, bukan berarti memiliki citra yang baik di mata masyarakat. “Image tidak bisa membantu bekerja, kecuali ada niat untuk belajar,” ujarnya.

Jika ada pilihan yang lain, Deddy akan menolak tawaran sebagai bakal calon di pemilukada. “Saya tidak mau berebutan jabatan dengan orang lain,” kata dia.

Saat ini, indikasi Deddy dicalonkan maju sebagai calon wakil gubernur mendampingi Ahmad Heryawan itu memang ada. Hanya saja, Deddy mengatakan, “Masih dicari calon yang terbaik.”

Siapa pun calonnya nanti, Deddy akan memberi dukungan, walau nantinya bukan dia yang terpilih. “Saya ini kan orang Bekasi, warga Jawa Barat juga,” katanya.

Sederet nama-nama yang berangkat dari kalangan selebriti yang akan maju di pilkada Jabar, di antaranya Yusuf Macan Effendi alias Dede Yusuf (46) yang masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jabar. Lalu ada nama Rieke Diah Pitaloka yang diusung dari Partai PDI Perjuangan.

Saat ini sejumlah nama lain pun meramaikan bursa pencalonan gubernur dan wakil gubernur, di antaranya Irianto MS Syafiuddin, mantan Bupati Indramayu, dan Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Nana Sukarna.(tno)
Bagikan :

Baca Juga:

Indeks Berita


Nasional


Wisata

Opini

Sosok

 
Bandung Raya Online Copyright © 2012 Allright Reserve - Pengelola: Bandung Media Citra (BMC).